Presiden Jokowi Dorong Transformasi Jalan IJD Menuju Kemajuan IKN

Lensa IKN
0

Ibu Kota Nusantara

Pada Sabtu, 23 September 2023, Presiden Joko Widodo menghadiri peninjauan progres penanganan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Desa Agro Mulyo, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Dalam kunjungannya ini, Presiden Jokowi membahas peran penting jalan tersebut dalam mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai pusat produksi dan pintu gerbang menuju objek wisata yang menakjubkan.

Ibu Kota Nusantara

"Jalan ini akan memberikan dukungan kepada IKN dan sekitarnya, selain sebagai jalan produksi, juga menghubungkan kita ke destinasi wisata, seperti Gua Batu Tapak Raja," ujar Presiden dalam pernyataannya usai peninjauan.





Presiden Jokowi menjelaskan bahwa jalan ini merupakan bagian dari proyek IJD yang memiliki alokasi anggaran nasional sebesar Rp14,6 triliun untuk memperbaiki dan membangun 2.800 kilometer jalan di seluruh Indonesia.

Ibu Kota Nusantara

"Total anggarannya mencapai Rp14,6 triliun dari seluruh negeri Indonesia yang akan digunakan untuk perbaikan dan pembangunan 2.800 kilometer jalan," ungkapnya.

Ibu Kota Nusantara

Kepala Negara juga memberikan dorongan kuat untuk memprioritaskan penanganan jalan produksi di berbagai daerah.


"Terutama jalan-jalan seperti ini, jalan produksi di kabupaten, yang sering digunakan untuk transportasi komoditas seperti sawit," katanya.



Presiden Jokowi menetapkan target agar penanganan jalan IJD di Desa Agro Mulyo selesai pada akhir tahun 2023, dengan pemahaman bahwa jalan ini memiliki dampak ekonomi yang signifikan sebagai jalan produksi untuk komoditas seperti kelapa sawit, karet, dan lainnya.

Ibu Kota Nusantara

"Dengan harapan, pada akhir tahun nanti semuanya sudah selesai. Jalan-jalan di kabupaten seperti ini sangat penting karena memberikan dampak ekonomi melalui sektor pertanian," tegasnya.


Foto: © Muchlis Jr - BPMI Setpres
Sumber Berita: Biro Pers Sekretariat Presiden

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top