Info IKN Terkini! UI dan Otorita IKN Bersinergi untuk Kemajuan Nusantara

Lensa IKN
0

Pada tanggal 10 September 2023, Universitas Indonesia (UI) menggelar tinjauan terhadap Nusantara National Capital (NNC) sebagai langkah tindak lanjut dari kerjasama dengan Otoritas NNC dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pelayanan masyarakat. Momen ini dianggap memperkuat komitmen kerjasama dan menjadi pelopor dalam mendukung implementasi bidang akademik di NNC.


Selama kunjungan mereka, UI dan Otoritas NNC mengadakan diskusi tentang peran universitas di NNC di masa depan. Prof. Mohammed Ali Berawi, Deputi Teknologi Hijau dan Digital, menjelaskan bahwa ada klaster penelitian untuk universitas yang dapat dilakukan sesuai dengan 24 indikator kinerja utama pembangunan NNC (KPI). Salah satunya melalui implementasi pendidikan dan pelatihan, seperti pelayanan masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia. "Klaster penelitian ini melibatkan ilmu sosial-humaniora, energi, pangan dan transportasi, kesejahteraan, serta pelestarian lingkungan dan teknologi informasi. Kami telah merancang cakupan penelitian ini agar sejalan dengan arah dan visi pembangunan Nusantara dalam hal perangkat keras, perangkat lunak, serta melibatkan kampus dan pemerintah dalam sektor penelitian dan pendidikan," katanya.



Deputi Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat, Alimuddin, menekankan pentingnya peran universitas dalam menyediakan referensi untuk pembentukan kebijakan di NNC. Ia juga merespons positif untuk memperhatikan aspek kesehatan selain pendidikan. "Pengembangan pendidikan dan kesehatan merupakan bagian tak terpisahkan dari kota inklusif. Penting bagi NNC untuk mencegah kesenjangan dalam fasilitas umum di area dalam dan luar NNC, sehingga pembangunan dan revitalisasi fasilitas perlu dilakukan."


Selanjutnya, UI mengusulkan konsep pusat penelitian NNC atau pusat penelitian di Nusantara National Capital, sebagai tempat observasi bagi peneliti dari berbagai universitas dalam merumuskan kebijakan di NNC. "Konsep pusat penelitian diperlukan karena banyak penelitian tidak selalu bisa diamati dari jauh, tetapi harus dilakukan di lapangan," jelas Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro.


Ketua Dewan Pembina UI, Noni Purnomo, yakin bahwa UI akan dapat berperan aktif dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan untuk pembangunan NNC. "Pembangunan NNC tentu akan menciptakan dan memanfaatkan berbagai bidang ilmu dan teknologi, dan tentu saja UI dapat berkontribusi aktif dalam hal ini," tambah Ketua Senat Akademik UI, Prof. Nachrowi Djalal.


Selain melakukan inspeksi area pembangunan NNC, UI juga mengunjungi Nusantara Technology House untuk memahami konsep teknologi yang akan diadopsi dalam Nusantara Smart City Blueprint.

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top